Tuesday, April 16, 2013

Latihan Soal GLB & GLBB


SOAL-SOAL YANG DISELESAIKAN
 
1. Sebuah mobil menempuh lintasan lurus dengan kecepatan tetap. Jika jarak tempuh 120 meter ditempuhdalam waktu 30 detik, berapa kecepatan mobil tersebut?
 
2. Mobil sedan bergerak lurus dengan kecepatan tetap 2 m/s. Berapa jarak yang ditempuh sedan tersebut dalam waktu 5 detik?
 
3. Mobil sedan bergerak lurus dengan kecepatan tetap 72 km/jam. Berapa jarak yang ditempuh sedan tersebut dalam waktu 30 detik ?
 
4. Mobil A bergerak dengan kecepatan tetap 20 m/s, sedangkan mobil B juga bergerak dengan kecepatan tetap 15 m/s. Jika titik acuan awal kedua mobil sama berapakah jarak mobil A dengan mobil B setelah bergerak selama 5 menit?
 
5. Benda mula mula diam, dua detik kemudian kecepatannya menjadi 12 m/s. Hitung percepatan yang dialami benda. (gambarkan model mobil dengan besaran besaran fisikanya)
 
6. Benda mula-mula bergerak dengan kecepatan 12 m/s karena suatu hal tiga detik kemudian benda berhenti. Hitung percepatan yang dialami benda. (gambarkan model awal dan akhirnya)
 
7. Benda mula-mula bergerak dengan kecepatan 10 m/s karena diperlambat kecepatannya turun menjadi 2 m/s dalam waktu 4 detik. Hitunglah a. percepatan benda, b, jarak yang ditempuh selama 4 detik tersebut.
 
8. Balok mula-mula bergerak di atas bidang mendatar yang licin dengan kecepatan 2 m/s, balok di dirong sehingga mengalami percepatan 3 m/s2. A. Hitung kecepatan balok 4 detik setelah didorong. B. Hitung jarak tempuh 4 detik setelah balok di dorong.
 
9. Kecepatan sepeda mula-mula 36 km/jam. Karena mengalami pengereman selama 2 detik kecepatannya turun menjadi 18 km/jam. Berapa besar dan arah percepatan sepeda? Nyatakan dalam m/s2.
 
10. Hitung jarak yang ditempuh selama pengereman dari soal nomer 9 di atas.
 
11. Berapakah kecepatan dari benda yang bergerak, dari grafik di bawah ini?
 
12. Berapakah kecepatan dari benda yang bergerak, dari grafik di bawah ini?
 
 
13.  Berapakah kecepatan awal dan berapakah percepatan dari gerak benda yang ditampilkan pada grafik kecepatan vs waktu berikut ini?
 
14.   Dari soal no 13 tsb berapa jarak tempuh benda dari awal hingga detik ke empat?
 
15.  Sebuah kendaraan yang bergerak dengan kelajuan 25 m/s direm sehingga memperoleh perlambatan tetap 2 m/s2.    Berapakah kelajuannya setelah kendaaraan menempuh jarak 150 meter?
 
16.  Mobil mula-mula bergerak dengan kecepatan tetap 10 m/s. kemudian direm sehigga mengalami perlambatan tetap 2 m/s2.  Berapa jarak tempuh mobil dari pengereman hingga berhenti?
 
(perlambatan adalah percepatan dengan nilai negatif, secara vektor dikatakan arah percepatan berlawanan dengan arah kecepatan) saat melihat animasi perhatikan arah percepatan dan kecepatannya.

0 comments:

Post a Comment